twitter




Untuk mengetahui penguasaan materi standar dalam bentuk kompetensi, perlu dikembangkangkan indicator hasil belajar, yang mrupakan jabaran karakteristik suatu kompetensi yang secara spesifik dapat dijadikan ukuran untuk menentukan dan menilai ketercapaian hasil belajar, dan pembentukan kompetensi. Indicator hasil belajar ini akan membentuk pribadi peserta didik yang Nampak dan dapat diamati dalam perilakunya.

Materi standar hendaknya dikembangkan berdasarkan seleksi terhadap kompetensi yang akan dikembangkan, sehingga rumusan kompetensi yang diperoleh betul-betul bermanfaat bagi perserta didik sesuai dengan tuntutan dan beban tugas yang akan dilakukannya setelah mengikuti pembelajaran. Lebih jauh, kompetensi yang dikembangkan harus mampu membekali peserta didik untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan yang semakin rumit dan kompleks, terutama dalam memasuki era globalisasi yang tidak pasti. Jika materi yang dikembangkan diperuntukkan untuk sekolah dasar maka perlu pemahaman yang mendalam tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik sekolah dasar, begitu pula dengan sekolah menengah.

Materi standar sangat bermanfaat untuk merumuskan standar kompetensi dan tujuan pendidikan dalam setiap matapelajaran. Untuk mengembangkan materi standar yang efektif perlu ditunjang oleh beraneka ragam sumber belajar, yang harus dipilih dan dikembangkan dalam pembelajaran.

Memilih Media Pembelajaran

Sedikitnya, terdapat tujuh criteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, yakni kesesuaian, objektivitas, tingkat kesulitan, biaya, ketersediaan, dan kualitas teknis.

Memilih dan Mengembangkan Sumber Belajar

Untuk memperoleh hasil yang optimal dituntut tidak hanya mengandalkan terhadap apa yang ada  di dalam kelas, tetapi harus mau dan mampu menelusuri aneka ragam sumber belajar yang diperlukan
 Aneka Ragam Sumber Belajar
Sumber belajar dapat dirumuskan sebagai segala seuatu yang dapat memberikan kemudahan belajar,  sehingga diperoleh sejumah informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang diperlukan.

Manfaat dari sumber belajar bergantung pada kemauan serta kemampuan guru dan peserta didik untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pesan-pesan yang terkandung dalam sumber belajar yang didayagunakan.

Dari berbagai sumber belajar yang ada dan mungkin didayagunakan dalam pembelajaran sedikitnya dapat dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Manusia (People), yaitu orang yang menyampaikan pesan pengajaran secara langsung, seperti Guru, Konselor, Administrator
  2. Bahan (material), sesuatu yang mengandung pesan pembelajaran
  3. Lingkungan (setting), yaitu ruang dan tempat ketika sumber-sumber dapat berinteraksi dengan para peserta didik.
  4. Alat dan peralatan (tools and equipment), yaitu sumber belajar untuk produksi misalnya kamera untuk produksi foto, dan tape recorder untuk rekaman.
  5. Aktivitas (activites), yaitu sumber belajar yang merupakan kombinasi antara suatu teknik dengan sumber lain untuk memudahkan (fasilites) belajar, misalnya pembelajaran berprograma merupakan kombinasi antara teknik penyajian bahan dengan buku.
Sumber belajar yang tersedia di sekolah antara lain :
  1. Perpustakaan
Perpustakaan merupakan sumber belajar yang paling baik untuk mendapatkan informasi-informasi yang berkaitan dengan tugas-tugas pembelajaran.
  1. Media Massa
Media massa merupaka sumber belajar yang menyajikan informasi terbaru mengenai suatu hal.
  1. Sumber-sumber yang ada di masyarakat
Salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan informasi mengenai suatu wilayah adalah orang-orang yang tinggal di sekitar wilayah itu.

Kegunaan Sumber Belajar

Secara umum kegunaan sumber belajar dapat dikemukakan sebagai berikut :
  1. Merupakan pembuka jalan dan pengembangan wawasan terhadap proses pembelajaran yang ditempuh.
  2. Sebagai pemandu materi pembelajaran yang dipelajari, dan langkah-langkah operasional untuk menelusuri secara lebih teliti materi standar secara tuntas.
  3. Memberikan berbagai macam ilustrasi dan contoh-contoh yang berkaitan dengan pembelajaran dan pembentukan kompetensi dasar.
  4. Memberikan petunjuk dan deskripsi tentang hubungan antara apa yang sedang dikembangkan dalam pembelajaran, dengan ilmu pengetahuan lainnya.
  5. Menginformasikan sejumlah penemuan baru yang pernah diperoleh orang lain sehubungan dengan pembelajaran yang sedang dikembangkan.
  6. Menunjukkan berbagai permasalahan yang timbul sebagai kosekuensilogis dari pembelajaran yang dikembangkan, yang enuntut adanya kemampuan pemecahan dari para guru dan peserta didik.
Cara Mendayagunakan Sumber Belajar

Beberapa langkah umum yang perlu diperhatikan dalam mendayagunakan sumber belajar secara efektif.

  1. Buatlah persiapan yang matang dalam memilih dan menggunakan setiap sumber belajar
  2. Pilihlah sumber belajar yang sesuai dengan materi standar yang sedang dipelajari dan menunjang terhadap pencapaian tujuan, dan pembentukan kompetensi.
  3. Pahamilah kelebihan dan kelemahan sumber belajar yang akan digunakan, dan analisahlah sumbangannya terhadap proses dan hasil belajar bila menggunakan sumber belajar tersebut.
  4. Janganlah menggunakan sumber belajar hanya sekedar selingan dan hiburan, tetapi harus memiliki tuujuan yang terintegrasidengan materi standar yang sedang dipelajari.
  5. Sesuaikanlah pemilihan sumber belajar yang akan digunakan dalam mempelajari buku ajar dengan biaya yang tersedia secara efisien.







0 comments:

Post a Comment

Terima Kasih, Semoga bermanfaat


Angger Withea. Powered by Blogger.