Untuk mengetahui
penguasaan materi standar dalam bentuk kompetensi, perlu dikembangkangkan
indicator hasil belajar, yang mrupakan jabaran karakteristik suatu kompetensi
yang secara spesifik dapat dijadikan ukuran untuk menentukan dan menilai
ketercapaian hasil belajar, dan pembentukan kompetensi. Indicator hasil belajar
ini akan membentuk pribadi peserta didik yang Nampak dan dapat diamati dalam
perilakunya.
Materi standar
hendaknya dikembangkan berdasarkan seleksi terhadap kompetensi yang akan
dikembangkan, sehingga rumusan kompetensi yang diperoleh betul-betul bermanfaat
bagi perserta didik sesuai dengan tuntutan dan beban tugas yang akan
dilakukannya setelah mengikuti pembelajaran. Lebih jauh, kompetensi yang
dikembangkan harus mampu membekali peserta didik untuk menjalani kehidupan yang
penuh dengan berbagai macam tantangan dan permasalahan yang semakin rumit dan
kompleks, terutama dalam memasuki era globalisasi yang tidak pasti. Jika materi
yang dikembangkan diperuntukkan untuk sekolah dasar maka perlu pemahaman yang
mendalam tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik sekolah
dasar, begitu pula dengan sekolah menengah.
Materi standar sangat
bermanfaat untuk merumuskan standar kompetensi dan tujuan pendidikan dalam
setiap matapelajaran. Untuk mengembangkan materi standar yang efektif perlu
ditunjang oleh beraneka ragam sumber belajar, yang harus dipilih dan
dikembangkan dalam pembelajaran.
Memilih
Media Pembelajaran
Sedikitnya, terdapat
tujuh criteria yang perlu diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, yakni
kesesuaian, objektivitas, tingkat kesulitan, biaya, ketersediaan, dan kualitas
teknis.
Memilih
dan Mengembangkan Sumber Belajar
Untuk memperoleh hasil
yang optimal dituntut tidak hanya mengandalkan terhadap apa yang ada di dalam kelas, tetapi harus mau dan mampu
menelusuri aneka ragam sumber belajar yang diperlukan
Aneka Ragam Sumber Belajar
Sumber belajar dapat
dirumuskan sebagai segala seuatu yang dapat memberikan kemudahan belajar, sehingga diperoleh sejumah informasi,
pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang diperlukan.
Manfaat dari sumber
belajar bergantung pada kemauan serta kemampuan guru dan peserta didik untuk
berkomunikasi dan berinteraksi dengan pesan-pesan yang terkandung dalam sumber
belajar yang didayagunakan.
Dari berbagai sumber
belajar yang ada dan mungkin didayagunakan dalam pembelajaran sedikitnya dapat
dikelompokkan sebagai berikut :
- Manusia (People), yaitu orang yang menyampaikan pesan pengajaran secara langsung, seperti Guru, Konselor, Administrator
- Bahan (material), sesuatu yang mengandung pesan pembelajaran
- Lingkungan (setting), yaitu ruang dan tempat ketika sumber-sumber dapat berinteraksi dengan para peserta didik.
- Alat dan peralatan (tools and equipment), yaitu sumber belajar untuk produksi misalnya kamera untuk produksi foto, dan tape recorder untuk rekaman.
- Aktivitas (activites), yaitu sumber belajar yang merupakan kombinasi antara suatu teknik dengan sumber lain untuk memudahkan (fasilites) belajar, misalnya pembelajaran berprograma merupakan kombinasi antara teknik penyajian bahan dengan buku.
Sumber
belajar yang tersedia di sekolah antara lain :
- Perpustakaan
Perpustakaan merupakan
sumber belajar yang paling baik untuk mendapatkan informasi-informasi yang
berkaitan dengan tugas-tugas pembelajaran.
- Media Massa
Media massa merupaka
sumber belajar yang menyajikan informasi terbaru mengenai suatu hal.
- Sumber-sumber yang ada di masyarakat
Salah satu sumber
terbaik untuk mendapatkan informasi mengenai suatu wilayah adalah orang-orang
yang tinggal di sekitar wilayah itu.
Kegunaan
Sumber Belajar
Secara umum kegunaan
sumber belajar dapat dikemukakan sebagai berikut :
- Merupakan pembuka jalan dan pengembangan wawasan terhadap proses pembelajaran yang ditempuh.
- Sebagai pemandu materi pembelajaran yang dipelajari, dan langkah-langkah operasional untuk menelusuri secara lebih teliti materi standar secara tuntas.
- Memberikan berbagai macam ilustrasi dan contoh-contoh yang berkaitan dengan pembelajaran dan pembentukan kompetensi dasar.
- Memberikan petunjuk dan deskripsi tentang hubungan antara apa yang sedang dikembangkan dalam pembelajaran, dengan ilmu pengetahuan lainnya.
- Menginformasikan sejumlah penemuan baru yang pernah diperoleh orang lain sehubungan dengan pembelajaran yang sedang dikembangkan.
- Menunjukkan berbagai permasalahan yang timbul sebagai kosekuensilogis dari pembelajaran yang dikembangkan, yang enuntut adanya kemampuan pemecahan dari para guru dan peserta didik.
Cara Mendayagunakan
Sumber Belajar
Beberapa langkah umum
yang perlu diperhatikan dalam mendayagunakan sumber belajar secara efektif.
- Buatlah persiapan yang matang dalam memilih dan menggunakan setiap sumber belajar
- Pilihlah sumber belajar yang sesuai dengan materi standar yang sedang dipelajari dan menunjang terhadap pencapaian tujuan, dan pembentukan kompetensi.
- Pahamilah kelebihan dan kelemahan sumber belajar yang akan digunakan, dan analisahlah sumbangannya terhadap proses dan hasil belajar bila menggunakan sumber belajar tersebut.
- Janganlah menggunakan sumber belajar hanya sekedar selingan dan hiburan, tetapi harus memiliki tuujuan yang terintegrasidengan materi standar yang sedang dipelajari.
- Sesuaikanlah pemilihan sumber belajar yang akan digunakan dalam mempelajari buku ajar dengan biaya yang tersedia secara efisien.